Monday, July 1, 2019

LAPORAN PERJALANAN (STUDY TOUR KE BANDUNG)

LAPORAN PERJALANAN
KE BANDUNG

Disusun oleh :

NAMA     :
                                                              KELAS    :

SMP DIPONEGORO 3 KEDUNGBANTENG
TAHUN PELAJARAN 2018/2019

HALAMAN PENGESAHAN

Laporan kegiatan Study Tour tahun 2019 bertempat di bandung dengan judul LAPORAN PERJALANAN KE BANDUNG, telah di periksa dan disahkan pada :

Hari        :
Tanggal  :

Mengesahkan,

Guru Mapel Bahasa Indonesia                                                         Ketua Panitia Study Tour

(                                         )                                                              (                                      )

Mengetahui,

Kepala SMP Diponegoro 3 Kedungbanteng

(                                          )

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami sembahkan kehadirat Allah STW sehingga kami dapat menyelesaikan laporan perjalanan ke BANDUNG. Laporan ini dapat terselesaikan dengan baik dengan dukungan berbagai pihak, oleh karna itu kami mengucapkan terima kasih kepada :
  1. Lili Setyanti, S. Pd selaku Kepala SMP Diponegoro 3 Kedungbanteng yang telah memberi izin dan dukungan sehingga kami dapat menyelesaikan laporan perjalanan ke Bandung.
  2. Samsul, S. Pd selaku ketua panitia study tour yang telah membimbing selama perjalanan ke Bandung sehingga kami dapat menyelesaikan laporan perjalanan ke Bandung.
  3. Efa Kurniasih, S. Pd selaku guru mata pelajaran Bhasa Indonesia yang telah membimbing dalam menyusun laporan perjalanan ke Bandung.
  4. Teman – teman kelas VIII yang telah memberikan motivasi sehingga kami dapat menyelesaikan laporan perjalanan ke Bandung.

Kedungbanteng, 29 Juni 2019

LAPORAN PERJALANAN
KE BANDUNG

I.    Latar Belakang
     Kota Bandung adalah kota yang kaya akan tempat wisata. Di kota ini banyak terdapat berbgai tempat wisata, baik tempat wisata ilmu pengetahuan, wisata rekreasi dan wisata belajar. Kami mengunjungi salah satu tempat yang memiliki banyak sejarah yaitu Dago Pakar. Kami melakukan perjalanan wisata ini dalam rangka mengerjakan tugas Bahasa Indonesia. Kunjungan ini dilaksanakan pada tanggal 22 Januari 2019. Adapun tempat wisata yang kamu kunjungi, Yaitu Museum Geologi, Ciampelas, Trans Studio, Saung Angklung Mang Udjo, dan Sari Manis. Selain itu, kegiatan kunjungan wisata ini dimaksudkan untuk menambahkan wawasan ilmu pengetahuan dan area rekreasi.

Kami mengadakan perjalanan wisata ke Bandung untuk menambah wawsan pengetahuan yang lebih banyak. Selama ini kami hanya dapat pengetahuan dari sekolah, dan banyak dari siswa yang tidak mengerti tentang sesuatu. Siswa hanya mendapatkan pelajaran tetapi ituhanya dari guru. Dengan adanya perjalanan wisata ke Bandung yang merupakan kota sejarah yang akan menambah pengetahuan kami.

II.    Tujuan Perjalanan
Kegiatan ini bertujuan untuk :
1.    Menambah Wawasan
2.    Ilmu Pengetahuan
3.    Dan Pra Sejarah

III.    Waktu Pelaksanaan
Kegiatan ini dilaksankan dari tanggal 22 – 24 Januari 2019 dengan rincian sebagai berikut :
•    Tanggal 22 Januari 2019 berangkat ke Bandung pukul 14.00 WIB

4.    Angklung Mang Udjo
5.    Sari Manis

V.    Metode yang digunakan
Metode yang digunakan dalam pembuatan laporan perjalanan, yaitu menggunakan metode pengamatan.

VI.    Hasil
A.    Perjalanan Kedungbanteng – Bandung
        Pengalaman kami pertama ke Bandung, berangkat dari Purwokerto ke Bandung pukul 14.30 WIB. Tujuan pertama kami ke Makam Wali Sanga, di sana kami berdoa bersama lalu solat. Setelah semuanya selesai kami menuju ke Bus, melanjutkan perjalanan ke Bandung. Pada saat di bus kami berkaraoke bersama. Kami tidur sampai malam, dan sekitar pukul 21.00 kami beristirahat untuk makan dan solat di rumah makan Tasikmalaya. Setelah makan kami semua melanjutkan perjalanan ke penginepan, dan sekitar pukul 23.00 kami sampai dipenginepan. Setalah samapai di penginepan kami masuk ke kamar masing – masing untuk beristirahat. Pukul 06.00 kami makan pagi, setelah mkan pagi kami melanjutkan perjalanan ke Museum Geologi.
       Samapai di sana sekitar pukul 08.00. Lalu kami  masuk ke Museum Geologi di sana kami melihat kerangka dinosaurus dan ada fenomena gunung meletus. Setelah selesai di Museum Geologi, kami melanjutkan perjalanan ke Ciampelas, sampai di sana sekitar pukul 09.00, di sana kami belanja setelah itu kami melanjutkan perjalanan ke Trans Studio, di sana banyak wahana permainan. Kami menaiki kereta gantung, wahana dunia lain dan istana boneka. Setelah itu kami menuju Saung Angklung Mang Udjo, di sana kami dibimbing bermain angklung dan bernyanyi bersama dan selesai jam 19.30. Setelah itu kami, menuju ke Sari Manis samapi di sana pukul 23.30 disana kami belanja. Setelah itu kami pulang ke Purwokerto pukul 04.00 WIB.

B.    Lokasi yang dikunjungi

1. Museum Geologi
  2. Trans Geologi
  3. Saung Angklung Mang Udjo
  4. Ciampeles
  5. Sari Manis
VII.     PENUTUP
A.    Kesimpulan

Perjalanan ini sangat melelahkan, namun dibalik ini semua terdapat sebuah pengalaman yang tidak akan kami lupakan selama hidup kami. Dari penulisan laporan ini penulis dapat menyimpulkan bahwa objek – objek wisata di Indonesia beraneka ragam. Sebagai warga negara yang baik, sudah pantasnya kita menjaga agar tetap lestari dan wisatawan luar negeri dapat puas menikmati keindahannya dan bisa meningkatkan devisa negara.

B.    Saran
Penyusun dengan segala yang ada, meyadari bahwa laporan ini masih sangat jauh dari sempurna. Oleh karna itu kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan.

LAMPIRAN

1.    MUSEUM GEOLOGI

2.    Ciampelas
Tempat perbelanjaan dan tempat berjalan – jalan. Disana cuacanya sangat mendukung. Kami belanja diatas, menyebrabgi jalan raya. Penjualnya sangat ramah.

3.    Trans Studio
Trans Studio Bandung dibuka pada tanggal 18 Juni 2011. Trans Studio Bandung adalah taman bermain yang paling komplet di kota Bandung.
Amhiteater Trans Studio Bandung

4.    Saung Angklung Mang Udjo

Berdiri pada tahun 1966 oleh udjo ngalagena.
Helaran atraksi yang diadakan pada upacara khitanan dan upacara panen padi.